Rabu, 22 Juni 2016

Hongkong salah satu kawasan termahal 2016



Merdeka.com - Sejumlah kawasan pemukiman di Asia dan Afrika mendominasi sepuluh peringkat teratas dari daftar kota dengan biaya hidup termahal di dunia untuk ekspatriat atau pekerja asing, tahun ini. Dasarnya adalah survei tahunan terkait biaya hidup yang dibuat oleh Mercer, firma konsultan global.

Survei itu meliputi lebih dari 375 kota di seluruh penjuru dunia. Namun, daftar peringkat hanya mengakomodasi 209 kota tersebar lima benua yang diukur berdasarkan komparasi biaya lebih dari 200 item di setiap lokasi. Termasuk diantaranya perumahan, transportasi, pakaian, barang rumah tangga, dan hiburan.
Hasilnya, Hong Kong dinobatkan menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia untuk ekspatriat atau pekerja asing. Salah satu indikatornya, uang sewa apartemen berstandar internasional dengan dua kamar tidur nirperabot dan berlokasi di lingkungan elit mencapai USD 6,809.47 per bulan.
Dibawahnya ada Luanda. Uang sewa apartemen sejenis di ibu kota Angola tersebut mencapai USD 6,700 per bulan. Namun, biaya sewa untuk penduduk lokal hanya sekitar USD 200 per bulan.
"Ini akibat dari booming harga minyak, pasokan rumah mewah yang terbatas, dan tingginya permintaan dari ekspatriat. Namun, Luanda mungkin bukan kota termahal di dunia untuk populasi lokal," demikian catatan World Economic Forum, seperti diberitakan CNBC, kemarin.
Biaya sewa sebesar itu lebih mahal ketimbang kota-kota ternama di dunia. Semisal London atau New York, masing-masing USD 4,583 per bulan dan USD 5,100 per bulan. Lalu Sydney yang hanya sekitar USD 2,636 per bulan dan Vancouver USD 1,737 per bulan.
Indikator lain: Harga secangkir kopi di Hong Kong hampir 8 dolar AS. Sementara di New York hanya USD 2,28.

Berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia untuk pekerja asing:
1. Hong Kong
2. Luanda, Angola
3. Zurich
4. Singapura
5. Tokyo
6. Kinshasa, Kongo
7. Shanghai
8. Jenewa
9. N'Djamena, Chad
10. Beijing

Sebaliknya, sepuluh kota berbiaya hidup termurah di dunia:
1. Lusaka, Zambia
2. Garborone, Botswana
3. Karachi, Pakistan
4. Tunis
5. Minsk, Belarus
6. Johannesburg
7. Blantyre, Malawi
8. Bishkek, Kyrgyzstan
9. Cape Town
10. Windhoek, Namibia

Artikel Terkait

Hongkong salah satu kawasan termahal 2016
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email